Girilaya Real Groups

Seo Developer and Review

6 Strategi Atasi Takut Gagal Dalam bisnis

Ada banyak alasan mengapa startup gagal. Tapi takut bukan menjadi alasan Anda untuk tak memulai bisnis startup. Mengutip dari Addicted2succes, Minggu 27 Maret 2016, berikut enam strategi agar Anda bisa mengatasi rasa takut gagal, dalam memulai bisnis startup.

1. Definisi Gagal
Jika mempelajari kehidupan para pengusaha sukses Anda akan menemukan bahwa karier mereka penuh dengan ‘kegagalan’ sebelum mereka berhasil. Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Kegagalan tak lebih dari hasil yang Anda dapatkan, namun tak Anda inginkan.

Kegagalan bukan sesuatu yang baik atau buruk, itu hanya sebuah umpan balik. Dengan belajar dan mengambil tindakan hingga membuat keputusan dari hal itu, Anda akan mendapat pelajaran mencapai kesuksesan.

2. Adu Pencapaian
Disarankan untuk mempelajari keberhasilan dan kegagalan pengusaha sukses, terlepas dari jenis bisnis atau industri mereka. Hanya saja, Anda disarankan agar tak membandingkan diri sendiri dengan mereka.

Baca Juga :   17 Tips for Creating a Content Marketing Plan in 2016

Dalam rangka membangun bisnis yang unik, Anda harus berpegang pada keunikan sendiri sebagai individu. Alasan harus berhenti membandingkan sangat sederhana, karena Anda bukan mereka, dan tak perlu mencoba untuk menjadi orang lain.

Boleh mengagumi keberhasilan orang lain, tapi jangan iri. Boleh menghormati pencapaian pengusaha lain, tetapi fokus Anda adalah pada tujuan yang ingin dicapai.

3. Langkah ke Depan
Ketakutan adalah perasaan umum ketika Anda melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Anda mencoba sesuatu yang baru dan meninggalkan zona nyaman.

Namun bukan mundur kembali ke zona nyaman, setiap kali Anda merasa takut. Anda seharusnya merangkul rasa takut dan memuji diri sendiri karena memiliki keberanian untuk melangkah ke pengalaman baru.

Terus melangkah ke depan, meninggalkan zona kenyamanan maka dapat menciptakan pengalaman baru, dan rasa takut akan mereda.

Baca Juga :   5 Tips Understand Customers Using Social Listening

4. Cari Solusi
Jangan pernah lupa bahwa bisnis didirikan untuk menyediakan produk atau layanan yang bisa memecahkan masalah tertentu di pasar. Menjadi pengusaha sukses, Anda harus belajar memahami setiap masalah sebagai kesempatan, lalu menciptakan solusi dan mengisi kebutuhan yang belum terisi.

Semakin banyak masalah yang bisa dipecahkan baik Anda sendiri ataupun bisnis, semakin banyak pula orang yang akan menghargai (finansial dan kehormatan) Anda dan bisnis.

5. Tetap Positif
Hal penting lain mengatasi rasa takut adalah selalu bersikap positif. Sebagai pemimpin suatu organisasi dan sebagai visioner untuk masa depan bisnis, Anda harus tetap fokus pada kemungkinan masa depan dan tantangan masa kini.

Kegagalan atau kemunduran serta hambatan harus dilihat sebagai harga yang harus dibayar agar berhasil. Tim di perusahaan akan menjadikan Anda sebagai pendorong selama masa-masa sulit. Jadi Anda tidak boleh gagal untuk menampilkan sikap positif dan optimis.

Baca Juga :   Conversion Maximization

6. Mulai dari yang Kecil
Memulai dari yang kecil, meraih hasil positif, dan membangun momentum. Anda mungkin pernah mendengar istilah go big or go home. Banyak orang menggunakan ungkapan ini untuk memilih antara mengambil tindakan besar atau tidak sama sekali.

Dalam beberapa skenario ini adalah pendekatan yang bijaksana, tapi bagi banyak pengusaha startup, lebih baik memulai dengan tujuan yang lebih kecil. Mulai dari menyiapkan website, meluncurkan kampanye crowdfunding atau mengakuisisi pelanggan pertama Anda, dan kemudian membangun kesuksesan di atasnya. (els)

Updated: March 28, 2016 — 1:28 am
Girilaya Real Groups © 2017 Frontier Theme