Girilaya Real Groups

Seo Developer and Review

Pengertian Qurban Menurut Bahasa Dan Istilah Secara Lengkap

Sebentar lagi kita akan memasuki hari raya idul adha yang sekaligus juga hari raya qurban, tapi tahukan kamu apa itu pengertian qurban menurut bahasa dan istilah? Memahami pengertian qurban secara bahasa dan istilah bukan sekdar hanya pengetahuan tak bermanfaat. Melainkan bisa menambah rasa iman dan niat kita dalam menjalankan ibadah qurban. Sebagaimana kita tahu, bertindak tanpa pemahaman akan mengurangi nilai dalam tindakan kita.

Pengertian Qurban

Kalau coba kita pahami dari segi bahasa, Qurban itu berasal dari bahasa Arab yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Qurban yang berasal dari kata yang sama dalam bahasa Arab yang berarti dekat, mendekat. Selain menggunakna kata qurban, sebenarnya bisa juga menggunakan kata al-udhiyyah dan adh-dhahiyyah yang bisa kita artikan sebagai hewan sembelihan, layaknya unta, sapi, kerbau, juga kambing yang kita sembelih pada hari raya idhul adha atau hari tasrik.

Tujuanya jelas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWt juga kepada sesama manusia dengan jalan berbagi. Itulah mengapa qurban berarti mendekat. Yang artinya akan membuat kita mendekat dengan Allah SWT dan manusia. jadi jangan lagi disamakan ya, kata Qurban dengan korban perasaan.. hehe.

Ibadah Qurban ini disyariatkan (dalil ibadah qurban) oleh Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Al-Kautsar ayat 1-3. Dimana dalam surat tersebut, Allah berfirman: Sungguh kami telah memberikan banyak nikmat kepada kamu semua. Maka dirikanlah sholat dan berkurbanlah karena tuhanmu. Sungguh, orang-orang yang membencimu adalah ia yang terputus.

Juga semakin dipertegas dengan AL-Qur’an Surat Al Hajj ayat 36, dimana dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa unta-unta dijadikan oleh Allah SWT sebagai syair menuju jalan Allah. Kita akan memperoleh kebaikan darinya, dan kita harus menyembelihnya atas nama Allah.

Lalu Apa Saja Keutamaan Berquban?

Berkuban sangat dianjurkan bagi siapapun yang mampu, ia bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT juga bisa mendekatkan diri kepada sesama manusia. lalu apa saja keutamaan berkurban? Sebagaimana dijelaskan oleh Nabi Muhammad SWA, ibadah qurban memiliki banyak sekali keutamaan.

Dari Aisyah ra, bagindan Rosulullah saw bersabda, “Tak ada amalan pun yang bakal dilakukan oleh manusia tepat pada hari raya idhul adha (Kurban) yang lebih dicintai Allah SWT daripadanya, kecuali menyembelih hewan Kurban. Sebab sungguh hewan Kurban kelak di hari kiamat akan datang sebagai kendaraan. sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, pahalanya dari hewan qurban tersebut telah diterima Allah, maka beruntunglah kalian semua yang mampu berkurban.” (HR Tirmidzi).

Dari situ jelas terlihat beberapa keutamaan melakukan qurban, yaitu:

1. Menjadi jalan mendekatkan diri kepada Allah

Dengan rela menyembelih hewan atas nama Allah kemudian kita bagikan kepada yang berhak menerimanya, secara otomatis kita akan lebih dekat dengan Allah. Sebab tanpa keihkhlasan sulit rasanya untuk menjalankan ibadah yang satu ini.

2. mendekatkan diri kepada sesama manusia

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa qurban bisa mendekatkan diri kepada sesama manusia. sebaba dengan qurban kita bisa berbagi. Jadi bila ada kesenjangan secara ekonomi, baik yang kaya maupun yang miskin akan berbaur dalam ibadah qurban nanti.

3. Menjadi kendaraan di akhirat kelak

Hewan qurban dipercaya akan menjadi kendaraan saat hari kiamat kelak. Jadi tidak salah jika banyak yang berkurban, nantinya akan mendapat jaminan di hari kiamat. Tentu saja dengan penuh keihklasan.

Nah itulah pengertian qurban menurut bahasa dan istilah, semoga dengan memahaminya kita jadi semakin mengimaninya.

Girilaya Real Groups © 2017 Frontier Theme