Girilaya Real Groups

Seo Developer and Review

Syarat Masuk SNMPTN Perlu Perhatian Mahasiswa Baru

Sebelum melakukan pendaftaran, calon mahasiswa baru diharapkan membaca dan bahkan mengetahui secara teliti apa saja syarat masuk SNMPTN. Sebelum waktu terbuang sia-sia pastikan tidak ada yang kurang atau salah pengisian bila yang sudah ditetapkan oleh panitia SNMPTN. [Silakan cek dimari, tanggal berapa sih pengumuman SNMPTN 2017].

SNMPTN yang merupakan singkatan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri menjadi di tahun pertama dalam program penyeleksian untuk mahasiswa baru agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Hanya siswa-siswi yang telah memerhatikan dan memenuhi syarat yang bisa diberikan kesempatan di terima pada jalur ini. Bila teman-teman yang sebagai calon mahasiswa dan masih dibangku sekolah menengah atas atau sederajat ada baiknya jauh hari sudah membaca-baca dan mengetahui hal ini. Nah, bagi yang belum tahu dalam kriteria peserta SNMPTN pastikan nilai Anda termasuk kategori baik, artinya masuk standarisasi dari penyeleksian SNMPTN. Karena SNMPTN ditentukan dari berdasarkan pemeringkatan prestasi akademis. Ini sudah menjadi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia pusat.

INGAT. Pendaftaran dan penerimaan masuk SNMPTN berdasarkan nilai akademis.

Diakui bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi daya tarik seksi yang bisa menarik perhatian banyak orang, khususnya calon mahasiswa dan bahkan sudah jadi mahasiswa akan tetapi masih mahasiswa di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) mencobanya. Tidak sedikit orang untuk mencoba pendaftaran dari berbagai jalur seleksi yang telah ada di Negeri ini. Bahkan mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan bahkan ujian mandiri pun diikuti demi mendapatkan kursi dengan memiliki almamater perguruan tinggi negeri.

Namun, saking antusiasnya banyak pula tidak memerhatikan apa saja syarat dari masing-masing tersebut. Seperti misalnya pada tulisan ini, yaitu SNMPTN. Pasti ada saja mencoba-coba melalui online akan tetapi tidak bisa.

Syarat masuk penerimaan SNMPTN

Syarat masuk penerimaan SNMPTN

Syarat masuk penerimaan SNMPTN

Hal ini juga telah diutarakan oleh Ravik Karsidi yang bertempat di Jakarta, Rabu (8/3/2017) selaku Ketua Panitia SNMPTN. Hal ini yang kami kutip dari JawaPost. Dilanjutkan oleh kalimat pembicaraan Rektor UNS, siswa yang tidak bisa mendaftar di jalur SNMPTN ada beberapa hal yaitu faktor diantaranya status akreditasi sekolah. Selain itu pula evaluasi pemeringkatan siswa berdasarkan mata pelajaran (MAPEL). Nilai MABEL diambil pada semester 3, 4, dan 5. Dari semester tersebut akan diujikan dalam UN 2016. Itulah kutipan tulisan JawaPost.

Berdasarkan syarat snmptn yang diberikan Ravik Karsidi yaitu siswa-siswi yang mendaftar SNMPTN, tentunya harus mengisi beberapa hal. Yang perlu diperhatikan kalimat beliau tersebut.

  1. Memilih PTN dan program studi. Karsidi. Kemudian, 2. Peserta harus mengunggah foto.
  2. Mengisi form pendaftaran, serta
  3. Mengunggah bukti prestasi (jika ada).

Sedangkan, untuk pendaftar prodi olahraga dan juga seni, maka harus mengunggah portofolio.

Di tempat terpisah, dari Intan Ahmad selaku jabatannya sebagai Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemeristek dan Pendidikan Tinggi. Ia mengimbau, pada pendaftaran SNMPTN bagi calon mahasiswa baru (MABA) teliti dalam melakukan pedaftaran SNMPTN agar tidak terjadi kesalahan.

”Data telah masuk, ya memang sudah ada di panitia. Sekarang ini dalam sistem. Kita bakal analisa. Prodi apa yang di favoritkan serta mana yang tidak. Umumnya ini dapat kenali apabila telah usai”. Tuturnya.

Dia menyampaikan juga, mesti ada pemerataan pada prodi-prodi di perguruan tinggi. Pastinya mesti sesuai dengan keperluan pasar serta untuk perkembangan ekonomi. Umpamanya, program studi engineering begitu diperlukan sekarang ini, demikian juga halnya prodi dari Teknik Sipil serta Teknik Elektro.

Selain program studi tersebut ia juga melanjutkan ”Prodi Sosial, ataupun bahasa inggris juga dibutuhkan. Demikian halnya kepariwisataan, kan itu memerlukan banyak menyerap tenaga kerja”. Katanya.

Dia menyatakan, supaya tidak ada praktik kecurangan dalam SNMPTN serta SBMPTN. Hal semacam itu, bisa dijauhi dengan meningkatkan integritas panitia. ”Kalau sistemnya bagus, namun integritas panitianya jelek ya sia-sia saja”. Tuturnya.

Tidak jarang yang namanya gagal. Hal tersebut tidak memerhatikannya. Hal ini pula akan bisa terjadi pada Anda bila syarat masuk penerimaan SMPTN tidak diperhatikan.

Jadi, teman-teman yang sudah membaca ini dan masih tidak mempedulikan syarat masuk SNMPTN maka teman-teman bisa dipastikan gagal dalam Seleksi Negeri Masuk PTN. Jika teman-teman berkeinginan sebagai mahasiswa di PTN, pastikan selalu untuk tidak ceroboh dan mendaftar terburu. Baca dengan teliti, pastikan syarat sudah tepat, baik dan benar. Pengisiannya pas. Jangan lupa, bila Anda dibangku sekolah menengah atas pastikan belum babak berakhir pelajar pastikan Anda lebih giat belajar agar memperoleh yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Girilaya Real Groups © 2017 Frontier Theme